Setiap Wanita Rentan Terkena Keputihan

Ada banyak upaya yang dilakukan oleh wanita untuk mengatasi masalah keputihan, mulai dari memakai sabun khusus kewanitaan hingga minum berbagai jamu tradisional yang dipercaya bisa mengatasi keputihan. Menurut guideline.gov, hampir seluruh wanita di dunia pasti mengalami keputihan, minimal satu kali dalam hidupnya. Meskipun begitu, keputihan antara wanita yang satu dengan yang lainnya sangat mungkin tidak sama, bentuk infeksinya bisa berbeda-beda yang bisa dianalisis dari bau, bentuk cairan yang keluar, dan ada tidaknya gatal atau rasa nyeri yang menyertai.

Agar bisa menentukan jenis keputihan yang diderita serta bagaimana perawatan yang tepat, dibutuhkan pemeriksaan seksama tentang riwayat kesehatan, kondisi kesehatan saat ini, serta tes laboratorium. Semua ini dilakukan agar informasi tentang cairan keputihan itu benar-benar akurat.

Sebenarnya, keputihan ini termasuk penyakit yang sangat mudah sekali terjadi, meskipun pada beberapa kasus keputihan merupakan tanda adanya suatu penyakit yang lebih serius seperti kista, kanker serviks, atau bisa juga penyakit menular lainnya. Meskipun begitu, sebagian besar penyakit keputihan ini ternyata disebabkan oleh gaya hidup sehari-hari yang tidak sehat dan daerah kewanitaan yang tidak terjaga dan terawat dengan baik.

Hal-hal yang sepertinya sepele dalam kehidupan sehari-hari terkait masalah kewanitaan ini misalnya tidak segera ganti celana dalam yang lembab atau basah, proses membasuh vagina yang tidak benar, yang semuanya ini bisa memicu perkembangan bakteri dan jamur hingga terjadi keputihan.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *