Perbanyak Air Putih, Solusi Lelah dan Kantuk di Awal Kehamilan

Di masa awal kehamilan terjadi peningkatan aktivitas dalam tubuh. Hal pertama yang dilakukan tubuh adalah merancang sistem yang mendukung kehidupan janin, dalam hal ini adalah plasenta. Juga hormon progesteron yang biasanya hanya bertugas mengatur siklus haid, mengalir semakin cepat di dalam tubuh, dan ini yang menyebabkan Anda sering merasa pusing.

Metabolisme dalam tubuh juga berubah. Kadar gula dalam darah jadi lebih rendah. Hal yang sama juga terjadi pada tekanan darah. Anda menjadi mudah letih.

Anda butuh trik spesial untuk menghadapi lelah dan kantuk, supaya produktifitas bisa tetap berjalan dengan baik. Untuk itu, Anda bisa melakukan hal-hal berikut:

  1. Mulai mengatur strategi waktu. Usahakan tidur malam lebih awal dari biasanya. Bisa tidur saat perjalanan (kalau tidak menyetir mobil sendiri). Tidur hanya 15 menit di siang hari bisa banyak membantu untuk lebih segar.
  2. Sayur, buah, juga daging minim lemak bisa menambah energi. Konsumsi makanan sehat, dan hidari junk food karena akan menguras energi lebih cepat. Jika merasa tidak enak makan, ada baiknya mulai membiasakan dalam porsi sedikit tapi sering. Tidak boleh telat makan, selalu bawa makanan di toples, akan bermanfaat saat di perjalanan atau jauh dari rumah.
  3. Selalu dekat dengan botol air minum. Haus tidak haus, harus minum setiap 30 menit. Hal ini akan melancarkan aliran darah serta bagus untuk kesehatan janin juga kondisi air ketuban.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *