Penyebab Keputihan

Keputihan, yang hanya terasa gatal pada area vagina, tidak boleh diremehkan. Apalagi kalo keputihan itu tidak  seperti biasanya (tidak normal). Harus segera ditangani agar tidak merepotkan di kemudian hari.

Penanganan terhadap keputihan harus baik, karena jika tidak, bisa berakibat fatal. Beberapa akibatnya adalah kemandulan dan kehamilan di luar rahim. Keputihan ini juga salah satu gejala awal penyakit kanker serviks yang mematikan.

Bagi wanita, keputihan adalah hal yang sangat umum. Tetapi mengetahui apa penyebabnya, mungkin tidak semua bisa menjawab. Berikut ini adalah beberapa penyebab utama terjadinya keputihan menurut situs onhealth.blogspot.com:

1. Jamur
Jenis jamur yang menyebabkan keputihan biasanya jamur fungus candida albicans, yang hidup dan berkembang pada vulva atau bagian permukaan vagina. Gejala yang muncul adalah rasa panas seperti terbakar dan gatal yang diikuti dengan keluarnya cairan berwarna putih kekuningan dengan bau yang cukup menyengat.

2. Bakteri Gardnerella
Gejalanya hampir sama dengan seseorang yang terinfeksi jamur, hanya saja cairan yang keluar tidak berwarna kekuningan tetapi ke abu-abuan dan sedikit berbuih.

Semoga sedikit informasi ini bisa membuat kita lebih peduli dan waspada dengan kesehatan vagina.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *