Penyebab Keputihan Tidak Normal

Adanya keputihan menunjukkan sistem reproduksi tetap bersih dan sehat. Keputihan ini muncul karena adanya produksi cairan dari kelenjar yang ada dalam vagina dan leher rahim. Saat cairana keputihan keluar, maka bakteri-bakteri dan sel-sel mati juga ikut keluar, sehingga infeksi-infeksi berbahaya tidak terjadi dalam tubuh. Jadi, keputihan ini memang sangat penting untuk terjadi.

Tetapi, bagaimana jika keputihan tersebut bau, warna, dan teksturnya berubah dan tidak seperti biasanya? Bisa jadi itu menandakan bahwa keputihan yang tidak normal. Agar hal tersebut tidak terjadi, sebaiknya Anda perlu mengetahui apa saja penyebab keputihan menjadi tidak normal.

Seperti yang dilansir dalam women.webmd.com, ada banyak hal yang menjadi penyebab keputihan menjadi tidak normal. Beberapa diantaranya adalah penggunaan antibiotic dan steroid, adanya Bacterial vaginosis di dalam tubuh, konsumsi pil KB, adanya kanker serviks dalam tubuh. Keputihan tidak normal juga bisa terjadi karena Anda mengidap Chlamydia atau Gonorrhea, menderita diabetes, termasuk juga akibat sabun mandi yang Anda pakai setiap hari, infeksi panggul setelah dilakukannya operasi, Anda terkena pelvic inflammatory disease (PID), jugaadanya infeksi jamur dan masih banyak yang lain lagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *