Pantyliners Menyebabkan Keputihan

Kebanyakan wanita menggunakan pantyliners setiap hari untuk menjaga vagina agar tidak lembab dan tetap bersih. Apakah Anda termasuk bagian darinya? Kalau iya, sebaiknya segera hentikan, karena penggunaan pantyliners setiap hari justru sangat berbahaya bagi kesehatan vagina.

Jika Anda sangat sibuk sehingga tidak sempat mengganti celana dalam, mungkin pemakaian pantyliners adalah salah satu cara yang dapat dilakukan. Tapi jika Anda menganggap pantyliners dapat menjaga vagina tetap kering, itu adalah salah. Apalagi jika memakainya setiap hari dari pagi sampai malam tanpa menggantinya. Ini hanya akan memperparah tingkat kelembaban. Lebih parah lagi jika tidak mengganti pantyliners setelah buang air sehingga pantyliners akan basah, akibatnya bisa menjadi sarang bagi kuman penyebab keputihan.

Saat pantyliners yang digunakan sudah sangat lembab, maka ini akan menjadi media tumbuhnya jamur dan kuman bakteri seperti Trichomonas vaginalis, yang dapat menyebabkan keputihan. Hal ini tentu sangat mengganggu, karena daerah vagina akan terasa gatal sekali. Selain itu, kebiasaan yang tidak baik ini juga bisa mempengaruhi kesuburan, menyebabkan terjadinya infeksi pada organ genitalia yang menjalar pada rahim dan menyumbat saluran telur.

Jika ingin memakai pantyliners, sebaiknya menggantinya setiap dua jam sekali atau setelah buang air. Tentu Anda tidak ingin bukan mempertaruhkan kesehatan vagina hanya karena ingin sesuatu yang praktis bukan?

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *