Masalah yang Umum Terjadi pada Vagina

Organ intim kewanitaan adalah bagian tubuh yang sensitif dan perlu dijaga. Setiap wanita harus awas apabila terjadi gatal atau rasa nyeri di sekitar kemaluan, bisa jadi hal tersebut adalah tanda-tanda terjadinya gangguan yang jika dibiarkan terus menerus bisa menjadi masalah hingga peradangan di dalam vagina. Hal semacam ini kerap terjadi karena infeksi bakteri pada wanita di masa subur.

Masalah Seksual

Sering terjadi rasa nyeri sebelum, selama, dan setelah melakukan hubungan seksual. Kejangnya otot-otot vagina menjadi sebab utama terjadi rasa nyeri tersebut.

Penyakit Menular Seksual

Waspada kalau menemui gejala seperti keputihan tidak normal atau luka genital pada vagina Anda. Bisa jadi itu merupakan gejala infeksi menular seksual seperti kutil kelamin, sifilis, atau herpes genital.

Vaginitis

Peradangan vagina yang disebabkan oleh tidak seimbangnya jumlah bakteri di dalam vagina. Pertumbuhan berlebih pada salah satu organisme di dalam bisa sebabkan infeksi jamur atau trikomoniasis. Gejala peradangan ini kebanyakan muncul dalam wujud keputihan, bau, gatal-gatal, atau nyeri.

Permasalahan Lain

Ada beberapa masalah langka yang jarang terjadi seperti pendarahan vagina yang terjadi setelah masa menopause ataupun akibat berhubungan seks, yang dapat memicu kanker vagina. Atau, kista vagina yang dapat menyebabkan rasa sakit ketika berhubungan seksual.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *