Kurangi Konsumsi Daging Olahan bisa Menjaga Jantung Sehat

Daging sosis, bacon dan ham, jika dikonsumsi secara berlebihan bisa mengakibatkan sesuatu yang berbahaya bagi laki-laki. Studi terkini menemukan bahwa daging olahan bisa tingkatkan resiko gagal jantung.

Hasil studi tersebut dipublikasi melalui jurnal Circulation: Heart Failure, sebuah analisa dilakukan terhadap 37.035 pria sehat dengan rentang usia 45 sampai 79 tahun. Studi cohort dari Karolinska Institutet di Stockholm ini melibatkan para responden dari tahun 1998 sampai 2010.

Studi cohort adalah jenis studi yang membandingkan dua kelompok dengan karateristik serupa.

Selama masa studi (penelitian), sebanyak 2.891 pria terserang gagal jantung dan 266 orang meninggal akibat penyakit tersebut. Pria yang konsumsi daging olahan sekitar 75 gram atau lebih setiap hari, mempunyai risiko 28 persen menderita gagal jantung.

Dan setiap peningkatan konsumsi 50 gram (setara dengan dua iris ham) setiap hari, risiko gagal jantung akan lebih tinggi 8 persen dan risiko meninggal meningkat menjadi 38 persen.

Studi sebelumnya menyebutkan, terlalu sering konsumsi daging olahan juga beresiko terhadap kanker usus besar. Sudah seharusnya mengkonsumsi daging olahan dibatasi, karena terbukti banyak bahan pengawet nitrat yang terkandung di dalamnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *