Inilah Penyebab Bau Tidak Sedap pada Vagina

Vagina adalah organ wanita yang sangat spesial. Posisinya yang cukup tersembunyi akan lebih mudah menimbulkan bau tidak sedap bila tidak dirawat dengan baik. Inilah yang biasanya menyebabkan wanita panik dan tidak PD, apalagi jika bau itu cukup mengganggu dan tidak seperti biasanya. Karena inilah, akhirnya wanita akan memakai pembersih khusus organ spesial ini, bahkan jika perlu menggunakan pengharum khusus. Padahal sadar atau tidak, justru langkah seperti itu malah akan memperparah keadaan, bahkan bisa menimbulkan masalah baru.

Sebenarnya, kenapa hal itu bisa terjadi? Dan bagaimana mengatasinya?

Dilansir dari Sheknowns.com, ada beberapa hal yang menyebabkan bau tidak sedap pada vagina:

1. Bacterial Vaginosis atau Bakteri Vagina

Ini adalah hal yang wajar dan umum terjadi. Dan memang bakteri alami ini diperlukan untuk menjaga dan merawat kesehatan vagina dengan jumlah yang pas.

Bagaimana jika jumlahnya berlebih? Inilah yang menyebabkan bau vagina jadi tidak sedap. Selain itu, biasanya juga akan timbul gejala gatal serta nyeri pada vagina.

2. Infeksi Jamur

Infeksi ini juga termasuk hal yang paling sering menyebabkan bau pada vagina sehingga tidak nyaman. Tandanya adalah adanya bau yang berbeda dari biasanya, area vagina terasa panas serta gatal, juga muncul cairan keputihan yang kental dan berwarna putih susu.

3. Penyakit Menular Seksual

Ada beberapa penyakit menular seksual yang menyebabkan bau tidak sebab pada vagina, dan yang paling sering adalah klamidia dan gonore. Gejala kedua penyakit ini sering tidak dirasakan, yaitu bau yang tidak biasa pada vagina dan nyeri saat buang air kecil. Hindari hubungan intim dulu agar tidak menular dan tidak terjadi komplikasi.

4. Radang Panggul

Penyakit ini terjadi ketika bakteri yang biasanya menular lewat hubungan seksual masuk melalui vagina kemudian masuk ke dalam rahim. Penyakit ini biasanya terdiagnosis sebagai klamidia dan sering tidak terdeteksi sehingga bisa menyebabkan kesulitan saat hamil.

Tanda-tanda penyakit ini adalah adanya bau tidak sedap pada vagina, nyeri panggul, demam, sering merasa nyeri saat berhubungan intim dan saat buang air kecil. Ketika mengalami gejala-gejala seperti tersebut, segeralah hubungi dokter, karena jika tidak segera ditangani bisa menyebabkan masalah kehamilan bahkan kemandulan.

5. Tidak Menjaga Kebersihan Vagina

Kurangnya kesadaran membersihkan dan merawat daerah vagina paling sering menjadi sebab terjadinya bau tidak sedap pada vagina. Masalah ini tidak hanya terjadi pada wanita dewasa, anak-anak, bahkan bayi perempuan pun bisa mengalaminya. Untuk itu, sangatlah penting menjaga dan merawat kebersihan vagina.

Berikut adalah hal-hal yang harus diperhatikan dalam merawat dan membersihkan vagina:

  • Mengganti celana dalam minimal dua kali sehari, apalagi jika celana dalam terasa lembab atau basah.
  • Hindari pemakaian sabun pembersih vagina, terutama yang mengandung parfum. Cukup bersihkan daerah vagina dengan air bersih.
  • Membersihkan tangan sebelum membasuh vagina.
  • Membersihkan vagina dari arah depan ke belakang, agar bakteri dari dubur tidak berpindah ke vagina.
  • Mengganti pembalut maksimal 4 jam sekali saat menstruasi.

Semoga tips ini bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *